COACHING CLINIC dari LPPM Politeknik Raflesia untuk mempersiapkan Mahasiswa yang akan PKL

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) baru saja melaksanakan pembekalan untuk mempersiapkan mahasiswa semester 4 yang akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di dunia kerja dan dunia industri. Pembekalan tersebut diselenggarakan pada tanggal 24-28 Agustus 2021 dengan nama Coaching Clinic yang memberikan pengetahuan-pengetahuan dasar dan umum mengenai dunia kerja, dunia industri, etika kerja, dan kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Semua Prodi di Politeknik Raflesia; Teknik Sipil; Teknik Elektro; Teknik Mesin; dan Akuntansi; mengikuti kegiatan ini secara bergantian sesuai dengan jadwal masing-masing. Kegiatan Coaching Clinic ini secara langsung dibuka oleh Direktur Politeknik Raflesia, R. Gunawan, M.T. yang juga memberikan pengarahan singkat tentang bagaimana pelaksanaan PKL di masa pandemi Covid-19.

"Pelaksanaan PKL harus selalu diiringi dengan protokol kesehatan yang ketat. Jangan sampai rekan-rekan mahasiswa pergi PKL sehat, tapi terpapar virus corona ketika PKL." Begitu kata R. Gunawan saat memberikan pengarahan sekaligus melepaskan secara resmi mahasiswa yang akan PKL.

Selain itu, Silvia Syeptiani, M.Pd.Si. selaku ketua LPPM Politeknik Raflesia juga menegaskan bahwa PKL merupakan kerja yang masih dalam lingkup akademik. Jadi selama pelaksanaan PKL, mahasiswa wajib menyusun laporan disertai dengan absensi dan penilaian dari pembimbing lapangan. 

Pelaksanaan PKL ini adalah selama 2 bulan, dan semua mahasiswa akan mencari sendiri tempat PKL sesuai dengan jurusan masing-masing dengan diketahui dan disetujui dari ketua prodi masing-masing. Dengan pelaksanaan PKL ini, para mahasiswa diharapkan mampu menerapkan, membandingkan, serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan dari bangku kuliah. Finalnya, mahasiswa akan memiliki pengetahuan yang cukup untuk mencari dan menciptakan peluang kerja sehingga mereka mampu bersaing pada bursa kerja setelah lulus dari bangku kuliah. 

---


ditulis oleh: A.H.
disunting oleh: -