Workshop Penulisan Artikel Untuk Jurnal Internasional Bereputasi, HaKI dan Percepatan Jenjang Akademik

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Pelaksanaan Workshop Scopus Bengkulu yang digelar pada Sabtu kemarin (30/11) di Aula Politeknik Raflesia Curup Rejang Lebong diikuti oleh peserta dari berbagai daerah. Peserta yang turut hadir diantaranya berasal dari Yogyakarta, Jakarta, Sumatera Selatan, dan Jambi.

Dalam pelakasanaannya, kegiatan ini menyajikan materi terkait persiapan dan strategi artikel ilmiah, strategi penulisan artikel di jurnal bereputasi, cari jurnal internasional bereputasi, teknik submit artikel dan merespon hasil review, teknik penulisan artikel di jurnal terindek scopus, plagiarisme dan teknik parafrase, sitasi dan teknik reference (mendeley), pendampingan penulisan artikel ilmiah, pengajuan haki, percepatan jenjang akademik dan serdos.

Direktur Politeknik Raflesia Suryadarminta menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu dosen dalam publikasi jurnal. Sedangkan untuk berjangka panjang, hal tersebut akan berpengaruh untuk akreditasi institusi.

“Kita, (red: Poltek Raflesia) terus berbenah memperbaiki kualitas dosen dan kampus, workshop ini salah satu pemicu untuk dosen-dosen dalam meningkatkan publikasi jurnal internasional bereputasi, HaKI dan percepatan jenjang akademik. Workshop ini sebagai rencana perubahan yang besar dosen untuk mendukung akreditasi institusi dan program studi,” ujar Suryadarminta di lokasi kegiatan.

Di tempat yang sama Wakil Rektor 1 Unived sekaligus Ketua Asosiasi Dosen Muda (ADM) Bengkulu Karona Cahya Susena mengharapkan, pasca kegiatan ini para dosen dapat menciptakan jurnal internasional, sehingga berpengaruh dalam jenjang akademiknya.

“Harapan kita pada acara ini adalah dapat membantu dosen-dosen yang belum bisa publikasi ke jurnal internasional, pendaftaran HaKI, serta percepatan penyusunan jenjang akademik dapat lebih mudah untuk pengajuannya,” ucap Ketua ADM Bengkulu Karona Cahya Susena.

Hal senada juga diungkapkan oleh Eko Sumartono, ia yakin bahwa kegiatan ini juga akan menjadi motivasi dosen dalam memenuhi beban kinerja.

“Dosen selalu dituntut untuk melakukan penelitian dan hasil dari penelitian tersebut dijadikan artikel jurnal yang bisa terbit di jurnal yang bereputasi internasional sehingga ke depan dosen lebih familiar dengan publikasi internasional. Kegiatan ini menjadi sebuah gebrakan untuk memotivasi dosen dalam memenuhi beban kinerja dosennya,” pungkas Sekretaris ADM Eko Sumartono, yang juga ikut dalam kegiatan tersebut.

Untuk diketahui acara workshop ini dihadiri narasumber dari medan yaitu Dr (c) Robi Rahim, M.Kom. serta Wakil Rektor I Unived Karona Cahya Susena, SE, M.M dan juga sebagai Ketua Asosiasi Dosen Muda Bengkulu (ADM) Bengkulu dan Ketua Harian Parwito, S.P., M.P. sebagai narasumber.[Deni Dwi Cahya]