Pelatihan Program Pengedalian NRW

17 December 2019

Curup, 17 Desember 2019 Politeknik Raflesia dipercayakan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Rejang Lebong menjadi narasumber dalam acara pelatihan Program Pengedalian NRW. NRW atau Non-Revenue Water dapat diterjemahkan secara simpel menjadi Air yang tidak dibayar kedalam bahasa Indonesia. Direktur Politeknik Raflesia, Drs. H. Suryadarminta, M.Pd diminta oleh pihak PDAM untuk memberikan pengarahan dan materi kepada peserta yang merupakan staf administrasi dan staf teknik PDAM se-Kabupaten Rejang Lebong. 

Acara dibuka oleh Direktur PDAM Rejang Lebong Orin Retnowati, ST,MT sekaligus memberikan sambutan kepada seluruh peserta pelatihan ini. Bu Orin selaku Direktur menitik pointkan kepada penting nya PDAM Rejang Lebong sekarang untuk fokus membenahi perusahaan baik dari segi teknik maupun administrasi. Musim panas berkepanjangan ditahun 2019 menyebabkan debit air di mata air yang menjadi supply utama PDAM Rejang Lebong mulai menipis. Meskipun begitu beliau beropini bahwasanya dengan debit yang sekarang kita miliki pun seharusnya cukup untuk memasok air ke seluruh pelanggan di penjuru Kabupaten Rejang Lebong. Akan tetapi teori tersebut tidak berlaku dilapangan, karena banyak hal yang menjadi faktor terhambatnya pasokan air sampai ke rumah-rumah pelanggan. Dengan diterapkan NRW (Non-Revenue Water) ini diharapkan dapat menekan hilangnya air yang tidak menjadi income bagi PDAM sehingga dapat menyebabkan kerugian disisi perusahaan.

Direktur Politeknik Raflesia, Drs. H.Suryadarminta, M.Pd memberikan pengarahan dan materi seputar NRW kepada seluruh peserta, dari sekian banyak materi yang beliau sampaikan, salah satunya adalah dengan menerapkan NRW maka akan lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaat air bersih dari PDAM Rejang Lebong. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir keadaan ini, salah satunya adalah dengan menggunakan alat-alat yang tentunya akan membantu teknisi dalam menyelesaikan permasalahan dilapangan. Namun yang lebih utama lagi untuk menerapkan NRW ini adalah semua komponen di PDAM harus saling berkorelasi dan berkontribusi guna terlaksananya NRW ini.

Komentar

Tinggalkan Komentar