Pelepasan Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Politeknik Raflesia

Rejang Lebong,

Politeknik Raflesia baru saja melepaskan mahasiswa-mahasiswinya untuk menjalankan program Praktik Kerja Lapangan (PKL). Program PKL ini akan dilakukan selama 90 Hari, dan tersebar di puluhan instansi dan perusahaan yang penyebarannya ada di Provinsi Bengkulu, Provinsi Sumatera Selatan, dan Provinsi Jawa Barat.

Menurut ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Silvia Syeptiani, M.Pd.Si., Program PKL ini seharusnya dilaksanakan pada bulan Juli s.d. September 2020. Namun karena wabah virus Corona yang cukup mengkhawatirkan, akhirnya PKL tersebut ditunda hingga Januari 2021. Dengan penekanan terhadap protokol kesehatan, dan juga penekanan terhadap pembatasan diri terhadap kegiatan sosial, akhirnya Politeknik Raflesia berani melaksanakan program PKL ini.

Pada periode PKL kali ini, Politeknik Raflesia melepaskan secara resmi sebanyak 245 orang mahasiswa dengan rincian: 119 orang mahasiswa Akuntansi, 54 orang mahasiswa Teknik Mesin, 37 orang mahasiswa Teknik Sipil, dan 35 orang mahasiswa Teknik Elektro. Proses pelaksanaan PKL di lokasi sudah diatur sedemikian rupa, sehingga mahasiswa dapat bekerja dengan maksimal dengan tetap melakukan protokol Covid-19. 

PKL merupakan salah satu kewajiban yang harus dilalui oleh mahasiswa Politeknik Raflesia. Melalui PKL, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana ilmu yang mereka pelajari di bangku kuliah akan digunakan di dunia kerja dan dunia industri. Selain itu, PKL akan mendewasakan para mahasiswa, sehingga setelah lulus dari bangku kuliah mereka akan benar-benar siap kerja.

"Perguruan tinggi Vokasi memang menekankan kepada mahasiswa untuk melatih dua hal, yaitu akademik dan keterampilan vokasional. Jadi setelah setiap mahasiswa diharapkan untuk siap kerja". Begitu disampaikan oleh Wakil Direktur I Politeknik Raflesia, Paddery, S.E., M.Ak. Lebih lanjut lagi, beliau mengatakan, "Jangan ragu berkuliah di Politeknik Raflesia, Kita selalu meningkatkan kualitas. Kita tidak kalah dari Universitas-universitas besar. Selama kita sungguh-sugguh belajar, kita akan menjadi orang yang hebat dimanapun kita kuliah."


Ditulis oleh: AH
Disunting oleh: -